#linkwithin_logolink_0 {display:none;}

22/02/14

10 Fakta Tentang Uang

   Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakan uang, terutama dalam transaksi. Ya, walaupun sekarang sudah digantikan dengan berbagai cara lain. Tapi, seberapa kenal kah kalian dengan uang? Ini dia 10 Fakta tentang Uang

1. Inflasi Terbesar Sepanjang Sejarah
100 trillion dollars
   Meskipun banyak mata uang mengalami inflasi, Sepertinya tidak ada yang dapat menyaingi 'kehebatan' Dollar Zimbabwe. Mata uang ini pernah mengalami peningkatan inflasi sebesar 98% per hari. Pada akhirnya hal ini mengharuskan kita membawa 3 Miliar Dolar Zimbabwe untuk membeli sepotong roti. Bahkan Zimbabwe pernah menaruh angka 1 Triliun Dolar yang bila diubah ke rupiah bisa dibilang Menjadi 'Quadriliun'. Atau ditulis 100 000 000 000 000 Dollar Zimbabwe, dalam satu lembar.

2. Barang-barang digunakan sebagai Uang di Masa Lalu
Salt has been used as money
   Beberapa barang seperti Cangkang Hewan, Tembakau, Garam, dan Barleymint digunakan sebagai uang di beberapa tempat. Bahkan kata 'Sallary' atau gaji, berasal dari Kata 'Salt' atau garam.

3. Bank Modern Pertama
Goldsmith
   Bank modern pertama berasal dari abad 17 di London, Inggris. Pada masa ini, Orang kaya menyimpan emas mereka di perajin emas. Para perajin emas biasanya memiliki penyimpanan yang cukup besar, tapi biasanya tidak digunakan. Dengan menyewakan tempat penyimpanan, mereka bisa mendapat untung. Para perajin akan memberi selembar kertas sebagai tanda bukti penyimpana, seperti buku tabungan di jaman sekarang.

4. Kenapa koin bergerigi?
Ridges on coins
   Pada awal pembuatannya, koin dibuat dengan logam mulia, seperti emas dan perak. Banyak orang jahat yang berusaha mengambil logam mulia tersebut, tapi tetap membuat koin itu bernilai. Caranya dengan mengambilnya sedikit demi sedikit. Hal ini malah dikira oleh beberapa orang sebagai desain dari koin. Hingga saat koin tidak menggunakan logam mulia lagi, hal ini masih dilanjutkan.

5. ATM Pertama
ATM
   ATM ditemukan oleh John Shepherd-Barron, Idenya adalah untuk menciptakan mesin yang bisa mengeluarkan uang seharian penuh.Lalu ATM ini di-proposalkan kepada British Bank Barclays.

6. Semua Uang yang ada Sekarang dibuat sebagai Hutang
Credit cards
   Meskipun di sekitar anda banyak uang, tetapi sebenarnya Sebagian besar uang di dunia ada di Bank. Dan sebenarnya, jika anda meletakkan uang anda di bank, anda bukan menitipkannya, tapi meminjamkannya. Karena uang yang anda letakkan di bank akan digunakan untuk usaha lagi.

7. Uang hanya sebatas Kertas yang tidak berharga
Gold bars
   Berbeda dengan masa lalu, saat semua Uang memiliki benda berharga seperti emas di dalamnya. Dolar Amerika adalah Mata uang terakhir yang menggunakan emas.

8. Uang = Kotor
Dirty money
   Seperti yang anda ketahui, Uang menyimpan banyak Bakteri, Patogen, dan bahkan terkadang Virus serta Zat Berbahaya.

9. Uang Kertas Pertama di Dunia
Great Wall of China
   Uang kertas pertama dibuat pada Dinasti Tang di China. Namun, Uang kertas berhenti dibuat karena mengalami Inflasi besar-besaran. Baru Lebih dari Seabad kemudian China menggunakannya lagi.

10. Uang memiliki 3 Fungsi
Money safe
   Uang diciptakan untuk 3 fungsi, yaitu; Alat Tukar, Alat Ukur, dan Penyimpan Nilai. Uang menjadi Alat ukur saat kita gunakan dalam jual beli. Tapi, saat kita membeli, ada barang berkualitas bagus dengan harga mahal, dan berkualitas buruk dengan harga rendah. Maka Uang menjadi Alat ukur. Dan Penyimpan Nilai ketika anda menyimpannya dan menggunakan Uang di masa kemudian.