#linkwithin_logolink_0 {display:none;}

12/02/14

Tips Memilih Warna untuk Blog

     Memilih warna blog memang bukan hal yang diperhatikan dalam desain blog. Tetapi, sebenarnya warna memberi efek besar pada blog kita. Misalnya, warna netral sangat identik dengan formalitas seperti blog usaha, tugas, dll. Sedangkan warna Cerah biasanya ada pada blog bebas atau blog pribadi.
    Sayangnya, memilih warna yang tepat tak semudah yang kita bayangkan. Kadang, kelompok warna yang kita pilih bisa dibilang ‘norak’. Misalnya warna gelap dipadu dengan bermacam warna komplemen yang aneh. Oleh karena itu, kita butuh panduan dalam memilih kumpulan warna (skema warna) untuk blog. Berikut adalah beberapa cara yang terbukti ampuh dan sudah diuji di ITB dan IPB oleh admin sendiri.
Warna yang beragam terkadang membuat kita bingung untuk memilih warna
Tapi, sebelumnya kalian harus memperhatikan hal hal berikut ini

1. Kalian sudah memiliki skema warna? Kalau Sudah, apakah butuh diganti?
    Biasanya, perubahan warna kalian butuhkan kalau kalian merubah imej blog kalian. Jangan seperti admin yang dikit-dikit ganti warna kalau ketemu yang bagus :v
2. Apa fungsi Blog kalian?
    Seperti sudah diulas diatas, tema sangat menentukan warna yang dibutuhkan. Kalian bisa mengira-ngira apa warna yang dibutuhkan blog kalian.
3. Apakah blog kalian memiliki Tema atau gambar tertentu yang menjadi simbol blog kalian?
    Tema blog tentunya jadi hal penting dalam pemilihan warna blog. Apalagi jika tema itu sudah menjadi identitas blog kalian. Selain tema, gambar juga bisa digunakan. Kalian bisa pakai aplikasi internet ini.

    Jika memang perubahan skema warna dibutuhkan, mari kita mulai cara memilih skema warna untuk blog, ini dia diantaranya

1. The 60-30-10 Rule

   Yang dimaksud dari 60-30-10 disini adalah dalam bentuk persen (%). 60% nya adalah warna netral, 30% warna eksentrik yang masih berhubungan dengan si 60%, Sedangkan 10%nya warna yang cerah. Misalnya si 60% adalah hitam, dan warna yang kita inginkan adalah Pink, maka 30% nya adalah Pink campur hitam, sedangkan 10% sisanya adalah pink asli tanpa dicampur, boleh sama dengan yang dicampur dengan warna netral, boleh yang berbeda. 
Jadi, yang harus kita lakukan jika menggunakan rumus ini yaitu; 
1.Mencari Warna netral dan Warna utama
2.Mencampur Warna netral dengan warna utama. 
   Sebenarnya, rumus ini sangat mudah. Tetapi, menurut saya rumus ini terlalu mengekang. Sehingga saya kembangkan yang lain.

2. Gunakan Warna yang kalian sukai

   Inilah yang saya maksud tadi, Teori 60-30-10 yang saya kembangkan. Sebenarnya, warna yang dipakai tidak harus warna yang disukai, bisa juga warna yang sesuai dengan tema blog anda. Konsep ini mengharuskan kalian memilih setidaknya 2 dari warna yang kalian sukai atau sesuai tema. Kalian bisa mencari di Internet, di Paint, atau dimana saja, tapi saya menyarankan untuk memilih di sini.

   Setelah mendapatkan warna yang dimaksud, kalian bisa memberi gelap-terang (Shades) pada warna tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya kita mendapatkan warna yang enak dipandang mata, tidak terlalu ngejreng, tapi tetap menarik. Pilih warna yang sudah diberi gelap terang setidaknya 3 tiap skemanya. Buat beberapa skema dan tanyakan pada kerabat atau teman untuk memilih yang paling cocok.


    Cara lain, jika kalian ingin mencari warna yang lebih fresh, dan lebih cocok, kalian bisa menggunakan photoshop. Caranya, dari warna kesukaan atau sesuai tema, kalian masukkan tiap warna ke photoshop. Beri layer secara berturut turut, dari yang diberi kesan gelap, warna asli, dan kesan cerah. Setelah itu, buat layer lagi di atasnya, dan beri warna merah, biru, atau hijau ASLI. Lalu beri opacity secukupnya. Pilih salah satu warna dari tiap kelompok warna. Kalian akan menemukan warna yang kaya, fresh dan cocok satu sama lain.