#linkwithin_logolink_0 {display:none;}

24/12/13

10 Nama Ilmiah Makhluk Hidup Teraneh beserta Kisahnya

   Menurut orang awam, para ilmuwan selalu sangat serius dan mungkin membosankan. Untungnya, hal ini salah. Buktinya adalah nama ilmiah hewan yang mereka temukan, yang pada akhirnya diputuskan untuk diberi nama yang aneh.
     Ada berton-ton makhluk hidup yang diberi nama seperti nama artis, politikus, makhluk fiksi, sampai nama yang tak ada artinya. Berikut 10 diantaranya.


1. Kooteninchele deppi
Kooteninchele deppi adalah makhluk laut sepanjang 4 cm, yang hidup pada masa Cambrian. Jika kita melihat hewan ini, kita mungkin berpikir bahwa hewan ini merupakan nenek moyang dari lobster. Namun tidak bagi David Legg dari Imperial College, London. David berpikir bahwa ini adalah bentuk asli dari tokoh fiksi Edward Scissorhand. Alhasil Johnny Depp, sang pemeran Edward Scissorhand dapat menemukan namanya di nama ilmiah hewan ini.

2. Carmenelectra shechisme
Hewan ini adalah salah satu dari spesies lalat yang telah punah. Ukurannya hanya 1-3 mm. Nama Carmenelectra shechisme diberikan oleh Neal Evenhuis yang bermaksud "Carmen Electra, she-kiss-me" atau Carmen Electra (artis dan model) menciumku. Neal Evenhuis bahkan setelahnya sempat menanyai Carmen Electra tentang pemberian nama lalat sesuai namanya, dengan tambahan she kiss me.

3. Bazinga Rieki
Musim panas tahun 2013, ditemukan sebuah ubur-ubur yang mewakili spesies, genus, dan sub-ordo baru di Sungai Brunswick, Australia. Lisa-ann Gershwin dan Peter Davie dari Queensland Museum memutuskan memberi nama hewan ini berdasarkan slogan karakter favorit mereka di acara "The Big Bang Theory".

4.Aha ha
Tak hanya ilmuwan modern yang memberi nama aneh, ilmuwan sebelumnya juga memberi nama yang cukup aneh ; Aha ha. Arnold Menke, sang penemu mendapatkan kata Aha ketika menemukan hewan ini. Arnold Menke dikenal sebagai orang yang suka lelucon, maka tak heran, ia bahkan memiliki mobil dengan plat bertuliskan AHAHA.

5.Dracorex hogwartsia
Dueling Dracorex.
Dracorex hogwartsia atau "Raja Naga dari Hogwart" adalah spesies Dinosaurus herbivora yang bentuk kepalanya mirip naga dalam dongeng. Sang penemu Bob Bakker dan Rob Sullivan berkata "Nama ini menyenangkan dan Pas, karena tulang belulangnya akan dipajang di Museum Anak Indianapollis". Mengetahui ini, JK. Rowling, sang penulis menanggapi"Penamaan Dracorex hogwartsia mudah kehormatan paling tak terduga telah datang dengan cara saya sejak penerbitan buku-buku Harry Potter! Saya benar-benar senang untuk berpikir bahwa Hogwarts telah membuat tanda cakar kecil pada dunia menarik dari dinosaurus. "

6. Medusaceratops lokii
Medusaceratops adalah keluarga tertua dari Ceratopia, yang namanya berarti "Wajah medusa yang Bertanduk". Sementara Lokii berasal dari Loki, dewa Norse. Loki dianggap sebagai dewa yang sering membuat masalah. Nama ini sesuai karena sering membuat perdebatan diantara ilmuwan, nama apa yang cocok untuk dinosaurus ini.

7.Callicebus aureipalatti
Callicebus aureipalatti atau monyet Madidi Titi adalah monyet yang ditemukan pada 2004. Pada saat itu ilmuwan yang menemukan monyet ini menyetujui untuk melelang hak penamaan , lalu hasilnya akan diberikan pada organisasi FUNDESNAP. Lelang itu akhirnya dimenangkan oleh website judi GoldenPalace.com. Yang menjadi sumber penamaan monyet ini ya itu aureipalatti (Istana emas)

8.Annuntidiogenes worfi
Adalah kelomang atau kepiting pertapa yang hidup 105,3-94,3 Juta tahun yang lalu di Spanyol. Lambung hewan ini berornamen. Syangnya ornamen itu berbentuk mirip dahi Letnan Worf dari Star Trek. Sehingga tim peneliti memutuskan memberi nama worfi untuk hewan ini.

9.Spongiforma squarepantsii
Sudah sangat jelas, jamur yang satu ini diberi nama salah satu tokoh kartun, yaitu Spongebob Squarepants. Menurut para penemu, sponge ini tampak seperti kartun, sehingga merek memberi nama aneh tersebut.

10.Pheidole Harrisonfordi dan Calponia Harrisonfordi
Insecta dan Arachnoidea ini diberi nama Harrison ford, untuk menghormati Harrison Ford atas jasanya di bidang konservasi alam. 

benediktif.